Website Olahraga

Seputar Olahraga

Cara Bermain Tenis Meja Bagi Pemula

Cara Bermain Tenis Meja bagi Pemula_Tenis meja atau lebih dikenal ping-pong merupakan olahraga yang dimainkan oleh single (satu pemain) atau double (dua pemain). Olahraga ini termasuk kedalam olahraga raket yang terbuat dari papan kayu dan dilapisi karet yang sering disebut bet.
Meja yang digunakan dalam  tenis meja berukuran 274 cm X 152,5 cm dengan tinggi net 15,25 cm. Bola tenis meja sering kita sebut dengan bola ping pong yang berbentuk bulat berdiameter 40 mm.

Teknik-Teknik Bermain Tenis Meja
Dalam memainkan tenis meja, Anda harus menguasai beberapa teknik bermain tenis meja. Adapun teknik-teknik dalam bermain tenis meja adalah:

1. Memegang Bet (Grip)
Cara pegang bet tenis meja
Dalam permainan tenis meja, ada tiga macam cara memegang bet:
a. Penhold Grip 
Cara memegang bet ini biasa digunakan oleh pemain Asia dengan hanya memegang satu sisi bet saja.

b. Shakehand Grip
Seperti namanya, pegangan bet ini berbentuk seperti orang yang akan berjabat tangan. Beda dengan penhold grip, shakehand grip ini Anda bisa menggunakan kedua sisi bet. Selain itu grip ini sering dipakai oleh pemain Eropa.

c. Seemiler Grip
Sama dengan shakehand grip, seemiler grip dapat menggunakan kedua sisi bet. Namun bedanya bet bagian atas diputar 20-90 derajat ke arah tubuh. Grip ini sering disebut dengan American grip.

2. Sikap Dasar
Setelah belajar memegang bet, Anda harus mengerti bagaimana sikap tubuh yang benar sebelum memainkan tenis meja. Sikap dasar ini digunakan pada saat menerima bola lawan atau saat memukul bola. Ada tiga macam sikap dasar tenis meja antara lain:

a. Side Stance
Side Stance artinya posisi kaki/badan menyamping disisi samping kanan atau kiri dari lapangan tenis meja. Di posisi ini, Anda harus mendekatkan salah satu bahu ke meja net.

b. Square Stance
Berbeda dengan yang diatas, squre stance merupakan posisi tubuh yang seluruhnya menghadap ke meja. Posisi ini digunakan untuk menerima servis lawan dan diharapkan dapat mengembalikan bola dengan baik.

c. Open Stance
Merupakan variasi dari side stance yang digunakan untuk backhand blok.

3. Teknik Footwork (Langkah Kaki)
Teknik ini dibedakan menurut nomor main yaitu nomor tunggal dan nomor ganda. Untuk pemain tunggal bisa satu, dua atau tiga langkah ke depan, belakang, samping maupun diagonal.

Dalam melakukan gerakan kaki yang harus diperhatikan adalah datangnya bola lawan. Jika bola yang datang dekat, maka tidak perlu untuk melangkah. Namun jika jarak bola dari lawan jaraknya jauh dari meja maka bisa dua sampai tiga langkah.

4. Teknik Servis
Servis merupakan gerakan untuk memulai dalam olahraga tenis meja sekaligus sebagai serangan awal ke lawan. Dalam servis ada dua cara yang bisa digunakan yaitu servis forehand dan servis backhand.

Bedanya kalau servis forehand, posisi bet dan bola berada di kanan tubuh dan telapak tangan menghadap ke depan meja. Sementara servis backhand, posisi bet dan bola berada di kiri tubuh dan telapak tangan membelakangi meja.

Jenis-Jenis Pukulan

a. Chop
Merupakan pukulan yang digunakan ketika bertahan. Biasanya pemain dapat mundur 3-4 langkah ke belakang dan mengembalikan bola dengan backspin.

b. Block
Pukulan ini dilakukan agar lawan tidak bisa melancarkan serangan secara cepat, karean bola yang sudah di block akan kembali dengan cepat.

c. Push
Push dilakukan untuk menghadapi backspin yang berguna untuk menjaga agar bola tidak melambung tinggi dari net.

d. Lob
Lob biasanya digunakan untuk bertahan secara total dengan mengembalikan pukulan smash dari lawan.

e. Drive
Drive merupakan pukulan tenis meja yang menghasilkan bola yang datar, cepat dan keras. Ada dua pukulan drive yaitu:

-Forehand
Sama seperti servis forehand, drive forehand berarti melakukan drive dengan telapak tangan menghadap ke depan meja. Caranya yaitu Anda gerakan bet ke arah depan yang diikuti dengan perputaran badan ke arah depan kira-kira 30 derajat.

-Backhand
Sementara backhand berarti posisi tangan dan bola berada di sisi kiri. Cara melakukannya yaitu membentuk siku dengan sudut 90 derajat lalu gerakkan bet Anda dengan gerakan memutar badan.
Back To Top