Website Olahraga

Seputar Olahraga

6 Jenis Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil

Jenis Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil_Bagi orang yang sudah terbiasa melakukan olahraga, tentu tidak nyaman rasanya jika ‘ritual wajibnya’ ini tidak dilakukan bukan? Apalagi jika mengingat bahwa olahraga memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan terutama untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap ramping dan membantu badan agar tetap fit sepanjang hari. Lalu bagaimana dengan ibu hamil? Adakah olahraga yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil namun tidak membahayakan si janin?
Jenis Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil

Dan jawabannya adalah, pasti ada. Beberapa olahraga yang aman untuk ibu hamil inilah yang akan kami sampaikan dalam ulasan kali ini. Penasaran? Yuk, simak daftar olahraga yang aman untuk dilakukan oleh para ibu hamil yang kami sajikan berikut ini:

1.Jogging
Jika sebelum hamil Anda terbiasa melakukan jogging, saat hamilpun Anda masih diperbolehkan melakukannya, tapi dengan syarat, jangan berlari terlalu cepat seperti biasanya dan jangan memilih jalanan yang tidak rata atau terlalu terjal. Intinya, Anda boleh melakukan jogging selama jogging yang Anda lakukan tersebut tidak membuat janin Anda merasakan banyak guncangan ketika Anda berlari.

2. Berjalan
Nah, jika Anda khawatir kebiasaan jogging malah akan membahayakan janin Anda, Anda bisa memilih jalan-jalan sebagai gantinya. Ini adalah salah satu olahraga ringan yang memang sangat direkomendasikan untuk para ibu hamil.
Entah itu jalan-jalan sendiri, ditemani suami atau ditemani oleh hewan peliharaan, olahraga yang satu ini sangat membantu untuk menurunkan tingkat stress Anda. Tapi, perhatikan kecepatan Anda saat berjalan ya, pastikan jangan terlalu cepat ataupun terlalu lambat.

3. Berenang
Berenang juga bisa menjadi opsi yang baik bagi Anda saat hamil, bahkan olahraga air yang satu ini juga disebut sebagai olahraga yang paling aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Mengapa? Karena berenang akan membantu mengurangi tekanan pada kaki dan punggung ibu hamil yang kita ketahui mudah lelah.

4. Olahraga Statis
Kegemaran bersepeda di luar ruangan sebaiknya tidak dilakukan saat Anda hamil ya, karena kegiatan ini malah bisa menjadi kegiatan yang tidak aman untuk janin Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan sepeda statis saja di dalam rumah, tetapi jangan kayuh sepeda statis ini terlalu cepat ya, lakukan saja dengan santai dan perlahan.

5. Tenis
Tenis saat hamil? Boleh kok, tapi sama seperti olahraga yang sebelumnya, lakukan olahraga ini dengan santai dan perlahan, jangan melakukannya dengan terlalu bersemangat, karena salah-salah olahraga yang sangat bermanfaat ini malah akan membahayakan janin Anda. Belum lagi Anda nanti malah akan cepat lelah atau bahkan salah urat karena gerakan yang Anda lakukan terlalu cepat. Dan juga, hindarkan perut Anda dari bola ya.

6. Yoga
Saat tidak hamil, Anda bisa melakukan gerakan yoga apa saja, namun saat Anda hamil, hanya beberapa gerakan olahraga saja yang boleh Anda lakukan. Tetapi, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan yoga, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan, dan pilih instruktur yoga yang memang sudah berpengalaman dan benar-benar paham dengan gerakan yoga yang diperbolehkan untuk ibu hamil.

Itulah 6 olahraga yang bisa Anda lakukan saat Anda hamil. Anda bisa memilih salah satu olahraga yang paling Anda sukai dari ke-6 jenis olahraga tersebut. Sehingga dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk istirahat dari olahraga selama masa kehamilan ya, karena olahraga justru akan membuat Anda menjadi semakin kuat saat melahirkan nanti. Semoga bermanfaat.
Back To Top